Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Wednesday, November 6, 2013

6. Penggunaan Fasilitas Internet Untuk Instruksional Pembelajaran PAK

ad300
Advertisement
Teknologi dan Media PAK atau secara lengkapnya Teknologi dan Media Pembelajaran Agama Kristen merupakan ilmu terapan dalam dunia Pendidikan Kristen. Dalam perkembangannya teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kita kenal ada teknologi internet dengan berbagai fasilitas yang ada di internet yakni:
(1). Electronic mail atau e-mail
(2). Discussion group/berdiskusi/berdialog
(3). Maling list (milis)/atau dikenal discussion group
(4). Newsgroups
(5). FTP (file Transfer protocol)/transfer file antar komputer dengan server di internet
(6). Telnet, contohnya: spacelink. msfc. nasa. gov.
(8). World wide web (www). Layanan yang menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server.  Halaman web dapat berisi: susara, gambar, animasi, teks, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat world wide web dari sebuah browser, yaitu program yang dapat menampilkan skrip halaman website atau yang dikenal dengan HTML.

Jadi, ada 8 fasilitas dalam internet yang dapat dipakai untuk keperluan TEKNOLOGI dan MEDIA PEMBELAJARAN AGAMA KRISTEN. Tulisan dalam bentuk huruf kapital sengaja dibuat untuk mempertegas perbedaan dan persamaan antara Teknologi dan Media. Teknologi adalah alat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Artinya manusia mengelola sumber daya alam menjadi sebuah alat yang dapat dipakai oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan. Kita kenal ada teknologi Informasi, artinya alat yang dapat dipakai manusia untuk kepentingan penyampaian informasi atau berkomunikasi, Teknologi masak, alat untuk memasak, Teknologi medis yaitu alat untuk memenuhi kesehatan tubuh manusia, teknologi pembelajaran artinya alat yang dipakai untuk kepentingan pembelajaran (belajar-mengajar). Tetapi teknologi tidak hanya dimengerti dalam arti alat, artinya lebih luas lagi. Untuk sementara teknologi dimengerti dalam arti alat. Sedangkan media juga diartikan segala alat yang dipakai untuk menyampaikan pesan/informasi/isi pelajaran/dll. Jadi baik teknologi maupun media sama-sama alat tetapi teknologi lebih bersifat umum sedangkan media bersifat khusus. Yang saya maksudkan adalah teknologi dapat dimengerti sebagai alat untuk berbai keperluan manusia, tetapi teknologi juga berfungsi sebagai media yaitu alat yang dipakai menyampaikan pesan dari pemberi pesan kepada penerima pesan.
Mudah-mudahan, kita dapat membedakan teknologi dan Media baik secara umum maupun secara khusus yakni ketika diterapkan dalam bidang-bidang kehidupan manusia. Misalnya dalam bidang belajar. Manusia membutuhkan "alat" (teknologi) dan alat itu berfungsi sebagai "media" pembelajaran. Dalam konteks yang terakhir ini, Pendidikan AGama Kristen juga terbuka terhadap "Teknologi" dan "Media Pembelajaran" maka muncullah mata kuliah "Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen".
Pokok pembahasan ke-6 adalah penggunaan fasilitas internet (lihat 8 fasilitas di atas) untuk Pembelajaran Agama Kristen, baik di SD, SMP, SMU/SMK dan Perguruan Tinggi.
Dari 8 fasilitas internet, yang paling banyak digunakan dalam dunia Pendidikan adalah Email dan world wide web (www) berbayar maupun gratis. Kedua fasilitas ini akan dipraktikkan dalam proses Pembelajaran PAK.
Kini kita langsung praktikkan penggunaan teknologi Tinggi (internet dengan beragam fasilitas yang ada dalam internet) untuk dijadikan sebagai Teknologi (alat) untuk difungsikan sebagai media (alat) menyampaikan informasi. Informasi disini yakni Pendidikan Agama Kristen. Isi dari PAK adalah Alkitab. Mari kita menggunakan internet untuk teknologi dan Media PAK.
Ada banyak fasilitas di internet (tersambungnya satu komputer dengan komputer lain di seluruh dunia). Akan tetapi kita hanya menggunakan (1) email dan (2) halaman-halaman website atau halaman www. WWW dapat berbasis free dan profesional (berbayar). Dalam latihan ini kita menggunakan (1) Blogspot dan Wordpress. Kedua ini yang paling mudah adalah Blogspot, sekaligus kita jadi Blogger (pengguna blog).

    6.1. e-mail
Cara (klik dan ikuti petunjuk: jika ingin membuat email dari gmail maka klik disini gmail) 
Selanjutnya untuk membuat website berbasis Free Weblog/blog maka ikuti petunjuk berikut ini. 

6.2.  world wide web (www): Berbayar, Gratis, seperti: 

Lihat contoh:  Klik disni



Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

1 comment: