Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Wednesday, November 6, 2013

4. Sumber-Sumber Belajar

ad300
Advertisement
Update 26 Februari 2020. Media pembelajaran adalah segala alat yang dihasilkan oleh manusia melalui kreativitas dan inovasinya dapat dijadikan sebagai sumber-sumber belajar. Sumber-sumber belajar yang dimaksudkan disini yakni segala sesuatu yang melaluinya peserta didik mendapatkan pengalaman belajar. Pengalaman belajar tersebut dapat berlangsung secara “langsung” maupun tidak langsung. Dengan demikian sumber-sumber belajar dapat dibagi dalam dua kategori. Kategori sumber belajar yang saya maksudkan dibagi menjadi sumber belajar yang direncanakan dan sumber belajar yang tidak direncanakan. Kedua sumber belajar itu saya jelaskan sebagai berikut

1. Sumber Belajar yang direncenanakan

Sumber belajar yang direncanakan. Disebut demikian karena alat yang olehnya peserta didik mendapatkan pengalaman belajar merupakan alat yang sengaja dibuat untuk kepentingan belajar. Misalnya guru maupun dosen merencanakan menulis buku ajar atas sejumlah mata pelajaran atau mata kuliah yang diasuhnya. Buku demikian disebut sebagai sumber belajar yang direncanakan untuk pembelajaran. Pada aspek yang lain, ada yang merancang blog untuk keperluan pembelajaran. Blog demikian disebut sebagai sumber belajar yang direncanakan. Intinya ada pernecanaan untuk keperluan pembelajaran. Selanjutnya sumber belajar yang direncanakan terdiri atas:

a. Buku Teks
b. Buku
c. Bahan ajar
d. Makalah
e. Paper
f. Karya ilmiah seperti Skripsi, tesis dan disertasi
g. Jurnal ilmiah
h. Pembuatan bahan ajar online berbasis situs maupun blog seperti yang dilakukan oleh Yonas Muanley dengan sejumlah blog untuk mata kuliah yang diasuhnya seperti:

(1) Bahan Ajar Online Sejarah Gereja Indonesia
(2) Bahan Ajar Online Entrepreneurship
(3) Bahan Ajar Online PAK Dalam Masyarakat Majemuk
(4) Dll (Silakan cek di Google)






Kinia banyak yang menggunakan blog untuk sumber belajar yang direncanakan secara online. Guru, dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan blog untuk menulis bahan ajar, tugas mata kuliah dan lain sebagainya. Pemanfaatan Blog sebagai sumber belajar mulai banyak dimanfaatkan. Saya sedang berusaha menggagas "Penulisan Bahan Ajar Online Berbasis Free Web blog di Sekolah Tinggi Teologi yang tersebar di seluruh Indonesia. Rekan-rekan dosen: Bidang Dogmatika/sistematika Teologi, Bidang Pastoral, Bidang Musik Gereja, Bidang Misi, Bidang Konseling, Bidang Pendidikan Agama Kristen agar menulis dan mempublikasi bahan ajar yang diasuh untuk segera dipublikasikan melalui blog.

2. Sumber Belajar yang tidak direncanakan

Sumber belajar yang tidak direncanakan adalah sumber-sumber yang tidak dirancang untuk suatu bahan ajar maupun untuk keperluan belajar. Walaupun demikian, ada bagian-bagian tertentu yang dapat dipakai sebagai sumber belajar. Misalnya ada yang menulis tentang hukum gereja di sebuah majalah. Awal tulisan itu tidak direncanakan untuk suatu pembalajaran. Akan tetapi apa yang dibaha dalam artikel tersebut berhubungan dengan mata kuliah hukum gereja dan dapat dipakai oleh dosen yang mengajar mata kuliah hukum gereja maupun mahasiswa yang sedang belajar hukum gereja.

Contoh sumber Belajar yang direncanakan berbasis blog yang berplatform blogspot dan wordpress, sbb:
1. Sumber Belajar PAK Dalam Masyarakat Majemuk https://masyarakatmajemuk.blogspot.com
2. Sumber Belajar Filsafat Ilmu. https://ontologiepistemologiaksiologi.blogspot.com/
3. Sumber belajar Metodologi Penelitian. https://metodepenelitianyonasmuanley.blogspot.com/
4. Sumber Belajar Liturgi. https://berliturgi.blogspot.com/



Alamat blog di atas adalah beberapa contoh tentang sumber belajar yang direncanakan. Artinya, saya membuat blog untuk keperluan proses pembelajaran di Sekolah Tinggi Teologi. DI sekolah Tinggi Teologi Kristen yang ada di seluruh wilayah Indonesia memiliki kurikulum (dalam arti mata kuliah) yang diantaranya mata kuliah:
1. Pendidikan Agama Kristen dalamMasyarakat Multikultural
2. Filsafat Ilmu
3. Liturgika

Bahan bahan dari tiga mata kuliah ini saya buat blog khusus agar menjadi pengalaman belajar bagi para mahasiswa maupun dosen yang mencari referensi bahan ajar. Dengan demikian blog yang berisi materi kuliah telah menjadi sumber-sumber belajar. Oleh karena blog dapat diikuti di mana saja sepanjang ada koneksi internet maka sumber belajar dalam blog dapat dikategorikan ke dalam sumber belajar online. Dengan sumber belajar online seperti ini dapat membantu pembelajaran masa depan yang dikenal dengan "metode pembelajaran campuran atau dalam bahasa Inggrisnya disebut "Blended Learning". Yang diblended yaitu unsur tatap muka, studi mandiri offline dan online dicampur menjadi satu sistem pembelajaran. Sistem ini memungkinkan seseorang melakukan belajar secara mandiri dan online serta dapat mengikuti tatp muka atau kuliah konfensional.

Catatan.

Artikel ini dapat dikutip untuk kepentingan karya ilmiah maupun publikasi di blog tetapi harus mencantumkan url artikel ini. Bila tidak maka blog yang memuat artikel ini dapat dilaporkan ke DMCA Google dan resikonya dihapus.

Dilarang kopi paste artikel ini tanpa izin dari pemilik blog Yonas Muanley

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: