Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Wednesday, November 6, 2013

3. Dimensi-dimensi Teknologi Pembelajaran

ad300
Advertisement
[Update 8/3 2020]. Pembahasan tentang teknologi yang diterapkan dalam Pendidikan, seperti pada Pendidikan Agama Kristen tidak dapat dipisahkan dari percakapan ilmiah tentang dimensi atau kawasan teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dalam teori Teknologi Pendidikan dikenal beberapa pokok penting dalam teknologi Pendidikan yaitu:

(1). Merancang
(2). Mengembangkan dan
(3). Memanfaatkan aneka sumber belajar.

Tiga aspek yang menjadi bagian penting dari teknologi pembelajaran menjadi bagian penting yang berguna untuk memudahkan seseorang dalam pembelajaran yang tanpa batas. Maksudnya pembelajaran demikian dapat dilakukan di mana saja,kapan saja, oleh siapa saja sesuai kebutuhan.
Kebenaran pengetahuan dalam teknologi Pendidikan yang dapat dipakai dalam Pendidikan Kristen,khususnya mata kuliah Teknologi dan Media PAK yaitu:

1. Disain
Teknologi dan mediaPendidikan Agama Kristen berada dan berproses dalam desain. Ia tidak luput dari sebuah perencanaan yang sesuai dengan pembelajaran PAK. Desain PAK bertujuan untuk menentukan kondisi belajar dengan tujuan menciptakan strategi dan produk (hasil). Dalam desain Teknologi dan Media PAK terdapat beberapa aspek yang mesti didesain yaitu desan system pembelajaran PAK, desain pesan PAK, menentukan strategi dan metode serta karakteristik peserta didik
2. Pengembangan
Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen berada dalam proses pengembangan. Proses ini tidak dapat dihindari. Oleh karena itu pengembangan dapat meliputi: pengembangan yang disebut dengan teknologi cetak yang relevan dengan Pendidikan Agama Kristen. Teknologi cetak seperti buku-buku teknologi dan Media PAK, teknologi PAK berupa teknologi audio visual, komputer dan multimedia.

3. Pemanfaatan
Teknologi dan Media Pendidikan Agama Kristen terbuka untuk dua dimensi yaitu menciptakan dan memanfaatkan. Bila belum berhasil menciptakan teknologi dan Media PAK maka teknologi PAK dapat memanfaatkan teknologi pendidikan yang dikembangkan dalam pendidikan umum atau teknologi terapan lainnya yang membantu PAK mewujudkan tujuan pembelajarannya.

4. Pengelolaan serta
Teknologi dan Media PAK tidak dapat menghindari pengelolaan yang meliputi teknologi perencanaan, pengorganisasian, koordinasi dan supervise.

5. Penilaian tentang proses dan sumber untuk belajar
Pada akhirnya evaluasi terhadap teknologi dan Media PAK dilakukan secara baik untuk kemanfaatan yang lebih berarti . Dengan begitu, teknologi PAK meliputi evaluasi proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar bidang Pendidikan Agama Kristen, yang cakupannya meliputi analisis masalah, pengukuran acuan patokan, penilain formatif dan penilaian sumatif.







Salam
Yonas Muanley
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: