Selamat Datang di Weblog Dr. Yonas Muanley, M.Th.Imanuel 2020

Wednesday, November 6, 2013

2. Peran Teknologi Pembelajaran

ad300
Advertisement
[Update 2020] Teknologi adalah hasil ciptaan manusia. Sebagai hasil ciptaan manusia, teknologi tidak berperan pada dirinya atau pada alat itu semata. Peranannya berkorelasi dengan manusia. Artinya teknologi hanya berperan sebatas manusia memanfaatkannya. Dengan demikian peran Teknologi Pembelajaran dapat dirumuskan sebagai berikut.

1. Teknologi pembelajaran berperan untuk membelajarkan manusia dengan mengembangkan atau menggunakan aneka sumber belajar. Sumber belajar yang dimaksud, yakni:
1.1. Sumber daya manusia,
1.2. Sumber daya alam dan
1.3. Lingkungan,
2. Teknologi Pembelajaran berperan untuk memberi peluang atau kesempatan meningkatkan efektifitas dan efisiensi sumber pendidikan.
3. Teknologi Pembelajaran berperan dalam dalam pemecahan masalah yang berhubungan dengan pembelajaran dengan cara:
3.1.Memadukan berbagai metode atau pendekatan dari berbagai bidang seperti bidang ekonomi, menejemen, psikologi.
3.2. Memperhatikan dan mengkaji semua kondisi belajar yang saling berkaitan.
3.3. Memanfaatkan teknologi (sederhana – tinggi) sebagai proses (konsep-konsep) dan produk (alat) untuk membantu memecahkan masalah yang berkaitan dengan perubahan kognitif, afektif, psikomotori atau yang lazim dikenal belajar. Pemecahkan masalah pembelajaran yang dimaksud disini dapat terlaksana melalui:
3.3.1.Penerapan prosedur pengembangan pembelajaran dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus dan perangkat pembelajaran lain, seperti Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3.3.2.Penerapan prosedur pengembangan pembelajaran dalam penyusunan bahan belajar, modul, buku teks atau buku elektronik (e-book).
3.3.3. Penerapan metode pembelajaran yang lebih menekankan kepada penerapan teori-teori belajar mutakhir, seperti teori belajar konstruktivisme dan paradigma baru pendidikan lainnya.
3.3.4. Mengembangkan dan memanfaatkan berbagai jenis media yang sesuai dengan kebutuhan dan mengindahkan prinsip-prinsip pemanfaatannya secara efektif dan efisien.

3.3.5. Mengembangkan strategi pembelajaran untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif,efektif dan menyenangkan atau yang disingkat PAKEM.




Salam
Yonas Muanley
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments: